Oleh : Rista Simbolon (Via IDN Times ) | Diterbitkan 1 month ago | Short link: https://lapontx.com/9975115

Bagikan Ke : Facebook Twitter


5 Cara Menjaga Pertemanan di Usia Dewasa, Biar Gak Lost Contact!

Semakin bertambahnya usia, kita mungkin akan merasa semakin banyak kehilangan. Kehilangan waktu hingga teman-teman yang dulu selalu ada saat susah maupun senang. Teman yang dulu susah senang bersama sekarang jadi jarang berkumpul atau yang dulu setiap minggu nongkrong, kini sudah lost contact. Bahkan sahabat dekat yang katanya tidak pernah meninggalkanmu sekali pun sekarang jadi asing.

Hal tersebut memang gak bisa dielak mengingat semua akan sibuk dengan urusan masing-masing. Namun, ini tentu bisa membuatmu jadi sedih, bukan? Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, berikut lima cara berikut bisa kamu terapkan demi menjaga hubungan pertemanan di usia dewasa.

1. Menyempatkan waktu untuk bertemu

Cara pertama menjaga hubungan pertemanan di usia dewasa adalah dengan menyempatkan waktu untuk bertemu. Tidak bisa dielak, semakin bertambahnya umur prioritasmu pun akan berbeda. Ada yang sibuk dengan pekerjaan, bisnis yang ia bangun, keluarga masing-masing, dan sebagainya.

Hal inilah yang kadang membuat hubungan pertemanan jadi renggang. Namun, untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa sama-sama menyempatkan waktu untuk bertemu. Sempatkan untuk bertemu 2 bulan sekali atau mengadakan family gathering.

Jika sudah bersama, fokuslah membangun quality time tanpa sibuk dengan gadget  masing-masing. Sebab, saat itu adalah waktunya kalian untuk berbagi cerita maupun bernostalgia ke masa-masa saat masih kecil dulu.

2. Meski jauh, komunikasi harus terjaga

Seringkali faktor komunikasi jadi penyebab adanya lost contact. Kalau kamu gak bisa menjaga komunikasi, siap-siap hubungan pertemanan bisa putus. Meski jarak memisahkan kalian, satu sama lain sudah tidak satu kota, dan jarang bertemu, jangan lupa jaga komunikasi kalian melalui telepon, bertukar pesan, hingga berbalas komentar di media sosial.

Meskipun tidak setiap hari memberi kabar karena fokusnya sudah berbeda, tapi sempatkan waktumu untuk sekedar bertanya kabar atau say hi. Jika komunikasi kalian tetap terjaga baik, hubungan pertemanan di usia dewasa pun akan tetap langgeng.

3. Berusaha ada untuknya

Cara selanjutnya adalah dengan berusaha selalu ada untuknya. Saat sahabat tengah kesusahan, jangan sungkan membantu. Jika teman sedang ada masalah, berikan support dan jangan malah meninggalkan. Jika ia curhat, berusahalah jadi pendengar yang baik.

Pun jika gak bisa ada untuknya secara langsung, kamu bisa memberi dukungan dari jauh. Ya, memang hal tersebut sangat membutuhkan effort, tapi jangan sampai mengorbankan diri sendiri ya. Jika belum bisa membantu, setidaknya kamu bisa memberi dukungan kepadanya.

4. Menjadi seseorang yang murah hati 

Selain tiga poin di atas cara menjaga pertemanan di usia dewasa haruslah dengan menjadi seseorang yang bisa bersikap murah hati. Murah hati disini maksudnya adalah, jika teman sedang berulang tahun kamu kasih ucapan selamat, jika teman wisuda atau menikah kamu bisa datang dan memberi pemberian secara tulus. 

Cara ini sebagai bukti kalau kamu orang yang perhatian pada sahabat sendiri. Ya, mungkin apa yang kamu kasih adalah sesuatu yang sederhana, tapi percaya deh hal tersebut lebih dari cukup dan ia merasa beruntung punya sahabat sepertimu.

5. Selipkan humor di pertemanan kalian

Cara terakhir adalah dengan menyelipkan humor di lingkungan pertemanan kalian. Biar tidak terkesan kaku dan hidup lebih berwarna, kadang kamu perlu menyelipkan rasa humor dalam pertemanan.

Kalau ketemu jangan lupa saling bercanda satu sama lain, cerita hal-hal konyol dalam hidup, mengirim video lucu yang mengundang tawa, hingga berbalas meme tanpa saling baper. Menyelipkan humor bisa jadi obat setelah penat dari pekerjaan dan dari masalah hidup.

Ingat, meski menyelipkan humor jangan sampai melebihi batas wajar, ya. Bercanda ya bercanda saja, tapi jangan berlebihan hingga bisa menyakiti perasaan. Mengingat kalau sudah begini jatuhnya malah tidak baik dan bisa merusak pertemanan. 

Lima cara di atas bisa kamu mulai terapkan untuk tetap menjaga hubungan pertemananmu awet di usia dewasa. Semoga persahabatan kalian langgeng terus, ya!


5 Cara Menjaga Pertemanan di Usia Dewasa, Biar Gak Lost Contact! | Bang Naga | on 8:59:23pm Selasa 16 Agustus 2022 | Rating 4.5

Artikel Terkait


                                Varises pada Pria: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Varises pada Pria: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan


Sumutkota.com IDN Times ... Read More →


                                5 Skincare Serba Hijau yang Ampuh Usir Jerawat

5 Skincare Serba Hijau yang Ampuh Usir Jerawat


Sumutkota.com Popbela.com ... Read More →


                                Resep Lemper Ayam Pulen dan Gurih, Cocok sebagai Kudapan 17 Agustus-an

Resep Lemper Ayam Pulen dan Gurih, Cocok sebagai Kudapan 17 Agustus-an


Sumutkota.com Popbela.com ... Read More →

Artikel Terbaru






                            Pierre-Emerick Aubameyang Masuk Radar MU

Pierre-Emerick Aubameyang Masuk Radar MU


Sumutkota.com ... Read More →















                            7 Cara Mengatasi Pasangan yang Kleptomania
7 Cara Mengatasi Pasangan yang Kleptomania
Sumutkota.com 1 ... Read More →








                            7 Momen Seru Henry Lau Main ke Rumah Nagita Slavina
7 Momen Seru Henry Lau Main ke Rumah Nagita Slavina
Sumutkota.com ... Read More →