Oleh : Rista Simbolon (Via IDN Times ) | Diterbitkan 1 month ago | Short link: https://lapontx.com/9974825

Bagikan Ke : Facebook Twitter


[QUIZ] Apakah Kamu Tipe Pasangan yang Suportif?

Nothing lasts forever. Ungkapan itu juga berlaku dalam mendeskripsikan hubungan pertemanan. Dulu kamu dan dia sangat dekat, saling berbagi rahasia, selalu hangout berdua.

Namun beranjak dewasa, kedekatan kalian pun perlahan pudar. Pertemanan yang dulu terasa sangat akrab perlahan menjadi canggung. Jangankan hangout berdua, menghabiskan waktu dalam ruangan yang sama saja rasanya tidak mengenakkan.

Kalau merasakan itu, tenang kamu tidak sendirian. Ada banyak hubungan yang awalnya dekat kemudian terasa jauh karena diakibatkan oleh lima hal ini.

1. Kamu dan dia memiliki tujuan berbeda 

Dulu, mungkin belum kelihatan. Namun ketika beranjak dewasa, kamu dan dia sama-sama memiliki mimpi, tujuan, serta visi baru. Di sinilah, kalian pisah jalan untuk mengejar tujuan masing-masing.

Tidak berarti hal ini hal buruk. Hanya, tidak semua orang dalam hidup kita akan tinggal. Dalam perjalanan meraih mimpi, kamu dan dia sama-sama akan menemukan teman baru, melalui pengalaman baru. Perlahan, hubungan kalian menjadi renggang.

2. Kamu atau dia punya circle pertemanan baru 

Hubungan teman bisa bertahan ketika ada komunikasi dua arah yang konstan. Bila sudah jarang kontakan atau ngobrol, perlahan hubungan itu menjadi canggung.

Ini bisa terjadi ketika kamu dan dia tak lagi memiliki kesamaan. Misal, dulu kalian berteman karena berada di kelas yang sama. Saat pisah kelas, dia bertemu teman baru dan membentuk circle pertemanan baru tanpamu.

Begitu juga dengan dirimu. Hubungan pertemanan kalian yang dulu dekat perlahan menjauh dan menjadi canggung.

3. Adanya gaya hidup yang berbeda 

Kita bisa menjadi dekat dengan seseorang karena adanya kesamaan. Namun, seiring bertambahnya waktu dan usia, seseorang berubah juga bertumbuh. Hal-hal yang sebelumnya membuatmu tertarik berteman dengannya sudah tidak ada lagi.

Walau tampak sepele, hal ini juga berpengaruh dalam hubungan pertemanan. Misal, dulu kamu dan dia bersahabat karib karena sama-sama suka buku. Saat bertumbuh dewasa, kesukaannya beralih dari buku ke olahraga. Sementara kamu sama sekali tidak tertarik dengan olahraga.

4. Hubungan jarak jauh yang minim komunikasi 

Persahabatan jarak jauh bisa berjalan sukses, tergantung usaha masing-masing pihak untuk mempertahankannya. Terlepas dari jarak, toh teknologi zaman sekarang sudah memungkinkan kita untuk tetap menjaga hubungan dan koneksi.

Namun dengan kesibukan yang bertambah, semakin sulit untuk menyesuaikan diri dengan hubungan pertemanan jarak jauh. Selera kalian juga berubah dari waktu ke waktu, sehingga sulit menemukan topik pembicaraan yang bisa dinikmati dua pihak seperti dulu. Ini adalah salah satu alasan mengapa hubungan pertemanan bisa berubah canggung.

5. Adanya ekspetasi yang berbeda dalam pertemanan

Bisa jadi, kamu mengharapkan temanmu menghabiskan lebih banyak waktu denganmu. Namun, temanmu punya kesibukan sendiri. Adanya ketidakimbangan ekspetasi ini bisa berpengaruh dalam hubungan, membuat koneksi itu runtuh dengan sendirinya.

Harapanmu perlahan berubah menjadi rasa bersalah, tekanan, dan cemburu. Saat kamu melihat sahabatmu bersama orang lain, kamu merasa kesal. Namun, saat ia meluangkan waktu untukmu, kamu merasa bersalah karena telah menuntutnya macam-macam. Perasaan inilah yang perlahan merusak persahabatan kalian.

Tidak selalu hubungan pertemanan bertahan selamanya. Akan ada hari dimana kamu dan sahabat lamamu berpisah, dan itu tidak apa-apa. Semoga kamu dan dia tetap mendapat yang terbaik.


[QUIZ] Apakah Kamu Tipe Pasangan yang Suportif? | Bang Naga | on 8:37:40pm Selasa 16 Agustus 2022 | Rating 4.5

Artikel Terkait


                                7 Tipe Kebebasan yang Bikin Cinta Kamu Lebih Mulus, Buang Masa Lalu!

7 Tipe Kebebasan yang Bikin Cinta Kamu Lebih Mulus, Buang Masa Lalu!


Sumutkota.com IDN Times ... Read More →


                                10 Bio Andalan Pengguna Dating Apps di Indonesia, Kamu Nomor Berapa?

10 Bio Andalan Pengguna Dating Apps di Indonesia, Kamu Nomor Berapa?


Sumutkota.com IDN Times ... Read More →


                                7 Cara Mengatasi Pasangan yang Kleptomania

7 Cara Mengatasi Pasangan yang Kleptomania


Sumutkota.com POPMAMA.COM ... Read More →

Artikel Terbaru




















                            7 Cara Mengatasi Pasangan yang Kleptomania
7 Cara Mengatasi Pasangan yang Kleptomania
Sumutkota.com 1 ... Read More →








                            7 Momen Seru Henry Lau Main ke Rumah Nagita Slavina
7 Momen Seru Henry Lau Main ke Rumah Nagita Slavina
Sumutkota.com ... Read More →