Oleh : Rista Simbolon (Via IDN Times ) | Diterbitkan 1 month ago | Short link: https://lapontx.com/9805300

Bagikan Ke : Facebook Twitter


Hilangkan 5 Kebiasaan Ini Agar Gak Memicu Salah Paham dalam Hubungan

Salah paham di dalam hubungan asmara adalah hal yang biasa terjadi dan sering ditemui. Kesalah pahaman bisa terjadi karena berbagai macam faktor, dari masalah komunikasi di dalam hubungan hingga kurangnya rasa percaya kepada pasangan. Jika hal tersebut terjadi di dalam hubunganmu, maka jangan pernah membiarkan kesalah pahaman yang terjadi berlarut terlalu lama agar gak mengganggu keharmonisan hubunganmu dengannya.

Nah, tahukan kamu bahwa ada kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu munculnya kesalah pahaman di dalam hubunganmu dengannya? Kebiasaan yang tanpa kamu sadari bisa menyebabkan rasa curiga yang berlebihan hingga akhirnya berujung kepada kesalah pahaman. Jika kamu tidak mau hal tersebut terjadi pada hubunganmu, maka kamu perlu menghilangkan kebiasaan-kebiasan tersebut. Apa sajakah itu? Yaitu lima kebiasaan ini. 

1. Mudah dalam berasumsi dan tidak melakukan konfirmasi mengenai kebenarannya kepada pasangan

Tahukah kamu? Yang namanya asumsi berarti kamu hanya baru menduga, di mana belum terbukti kebenarannya. Namun sayangnya asumsi tersebut sudah kamu anggap benar dan tidak melakukan konfirmasi kembali kepada pasanganmu mengenai kebenarannya, apakah memang benar sesuai dengan kenyataan atau kamu yang membuatnya menjadi benar karena asumsimu tersebut. Tentu tidak menjadi masalah saat asumsimu ternyata sesuai dengan kenyataannya. 

Namun yang menjadi masalah adalah saat asumsimu ternyata salah dan tidak sesuai dengan kenyataannya. Maka hal tersebutlah yang bisa memicu kesalah pahaman. Jadi, hindari kebiasaan mudah berasumsi, karena itu hanya perkiraan dan sangkaanmu saja, yang belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Sekalipun kamu beramsumsi, agar tidak memicu salah paham, maka sebaiknya kamu konfirmasi lagi kepada pasanganmu apakah benar atau tidak asumsimu tersebut. 

2. Memberikan respon yang berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, seperti hal-nya respon yang berlebihan. Cobalah untuk bersikap tenang dan memberikan respon yang sewajarnya saja. Karena respon yang berlebihan terkadang juga bisa memberikan dampak yang negatif, mengapa? Karena kamu tidak bisa berpikir secara jernih hingga akhirnya memicu kesalah pahaman. Misalnya kamu mendengar gosip dari temanmu mengenai pasanganmu. 

Nah salahnya kamu langsung mempercayai gosip tersebut dan memberikan respon yang berlebih akibatnya. Yaitu misalnya kamu langsung menghubungi pasanganmu dan langsung menuduhnya hanya berdasarkan gosip yang kamu dengar. Respon yang berlebih tersebut akan menimbulkan kesalah pahaman dari pasanganmu, yaitu kamu yang dianggap tidak mempercayainya dan dengan mudahnya menuduhnya hanya karena gosip semata. 

3. Komunikasi yang kurang dengan pasangan

Pentingnya komunikasi yang lancar di dalam hubungan salah satunya adalah agar kamu dan pasangan bisa saling mengetahui kondisi masing-masing sehingga memperkecil kesalah pahaman yang terjadi. Misalnya kamu kamu ada lembur di wekeend, kamu merasa tidak perlu memberitahukannya kepada pasanganmu karena menurutmu itu hal yang sepele. Karena asyik bekerja dan sedang fokus, kamu tidak memperhatikan ponselmu, di mana ternyata pasanganmu mengirimkan pesan dan meneleponmu. 

Nah, masalah yang kamu anggap sepele tersebut minta menjadi masalah besar untuk pasanganmu karena kamu yang tidak bisa dihubungi saat weekend dan tidak mengabarkan bahwa kamu sedang lembur. Maka pastinya akan menimbulkan kesalah pahaman, pasanganmu bisa saja berpikir yang tidak-tidak, misalnya kamu sedang pergi dengan lawan jenis lainnya hingga menghindari telepon dan pesan darinya. Jadi, jangan sampai kurang dalam hal komunikasi agar bisa menghindari kesalah pahaman yang sebenarnya tidak perlu terjadi. 

4. Emosi yang mudah terpancing

Hati-hati, kebiasaan emosi yang mudah terpancing akan membuat kamu mudah marah sehingga susah untuk mengontrolnya. Jika sudah seperti itu, maka akan sulit bagimu untuk bisa berpikir dengan baik dan menerima penjelasan dari pasanganmu saat kamu salah paham. Misalnya kamu melihat pasanganmu sedang asyik berbicara dengan lawan jenis lainnya, bukankah sebaiknya kamu bertanya dulu kepada pasanganmu siapa dia dibandingkan kamu langsung marah-marah karena salah paham? Yang ada salah pahammu akan semakin melebar karena kamu yang tidak kooperatif dan tidak bisa mengendalikan diri. 

Apalagi jika selama ini pasanganmu selalu diam ketika kamu tersulut emosi, bukan berarti kamu bisa terus melakukannya. Jangan pernah berpikir pasanganmu diam karena dia mencintaimu dan bisa menoleransi kebiasaanmu tersebut. Bisa saja diamnya berarti dia terpaksa mengalah agar masalah tidak semakin melebar atau dia malas berdebat denganmu karena percuma membalas kamu yang sedang emosi. Jadi, cobalah kontrol emosimu agar tidak mudah terpancing. Jangan sampai merusak hubunganmu dan membuat pasanganmu menjauh darimu hanya karena kebiasaanmu itu. 

5. Mudah dalam menyimpulkan dan memberikan penilaian

Saat pasangan sedang cerita, kamu mudah sekali memotong pembicaraannya dan menyimpulkannya langsung. Sekali dua kali mungkin pasanganmu mendiamkannya. Namun jika sudah terlalu sering tentu pasanganmu akan merasa kesal dan akhirnya bisa menimbulkan kesalah pahaman. Selain tidak sopan, itu seolah menunjukkan bahwa kamu seperti sangat mengenal dirinya, padahal bisa saja yang dia maksud tidak seperti apa yang kamu simpulkan. 

Atau pasanganmu sekarang banyak sekali melakukan komunikasi denganmu bahkan untuk hal yang sederhana. Kamu mudah sekali melakukan penilaian dengan mengatakan bahwa sekarang dia cerewet dan banyak omong. Bukankah akan menyakiti hatinya? Bisa saja dia seperti itu karena rasa cintanya yang semakin bertambah atau dia memang semakin peduli kepadamu.

Bukankah lebih baik kamu tanyakan alasannya langsung kenapa dia berubah? Dibandingkan kamu langsung memberikan penilaian yang malah bisa menimbulkan kesalah pahaman untuknya. Dia akan berpikir kamu tidak menyukai perhatiannya yang lebih tersebut dan bisa saja justru dia akan merubah sikapnya untuk tidak lagi terlalu memperhatikanmu karena kamu yang mengatakannya cerewet dan banyak bicara. Jadi, ingatlah bahwa terlalu cepat menyimpulkan dan memberikan penilaian kepada pasangan juga dapat memicu kesalah pahaman.

Memperkecil kesalah pahaman yang terjadi di dalam hubungan asmara perlu kamu lakukan agar hubunganmu dengannya tidak selalu dipenuhi dengan konflik yang tidak berarti. Kenapa tidak berarti? Karena konflik tersebut sebenarnya bisa dihindari dan tidak perlu terjadi. Jika kamu menyayangi pasanganmu, maka cobalah untuk memperkecil kesalah pahaman yang bisa saja terjadi akibat kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi pemicunya. Nah, lima kebiasaan di atas yang dapat menimbulkan kesalah pahaman. 


Hilangkan 5 Kebiasaan Ini Agar Gak Memicu Salah Paham dalam Hubungan | Bang Naga | on 2:04:06am Jumat 1 Juli 2022 | Rating 4.5

Artikel Terkait


                                Polisi Periksa Iko Uwais Sebelum Jadwal Pemeriksaan

Polisi Periksa Iko Uwais Sebelum Jadwal Pemeriksaan


Sumutkota.com IDN Times ... Read More →


                                8 Posisi seks yang Cocok Dicoba di Setiap Ruangan Rumah

8 Posisi seks yang Cocok Dicoba di Setiap Ruangan Rumah


Sumutkota.com IDN Times ... Read More →


                                Tak Ada Lewandowski Dalam Video Kerjasama Bayern dan Konami

Tak Ada Lewandowski Dalam Video Kerjasama Bayern dan Konami


Sumutkota.com Vivagoal ... Read More →


                                Mitsubishi Mirage: Harga dan Spesifikasi

Mitsubishi Mirage: Harga dan Spesifikasi


Sumutkota.com IDN Times ... Read More →

Artikel Terbaru







                            Barcelona Pertimbangkan Jual Memphis Depay

Barcelona Pertimbangkan Jual Memphis Depay


Sumutkota.com ... Read More →


                            Enzo Maresca Balik ke City, Bantu Pep Guardiola

Enzo Maresca Balik ke City, Bantu Pep Guardiola


Sumutkota.com ... Read More →



                            MU Ingin Bajak Bek Ajax Dari Buruan Arsenal

MU Ingin Bajak Bek Ajax Dari Buruan Arsenal


Sumutkota.com ... Read More →







                            Alasan Sven Botman Tidak Datang ke AC Milan

Alasan Sven Botman Tidak Datang ke AC Milan


Sumutkota.com ... Read More →







                            [QUIZ] Apakah Kamu Tipe Pasangan yang Suportif?
[QUIZ] Apakah Kamu Tipe Pasangan yang Suportif?
Sumutkota.com ... Read More →